28 Jan 2010

Cara membuat partisi di flashdisk



Pernah terpikirkah oleh kita untuk membuat partisi di dalam flashdisk?, seperti hal nya hardisk sebenarnya flashdisk pun dapat di buatkan partisi nya, tanpa basa-basi berikut cara yang dapat kita gunakan untuk dapat membuat Partisi di flashdisk, ADA 2 proses dalam pembuatan partisi di dalam flashdisk yaitu Membalik RMB Flashdisk dan baru di langkah kedua nya adalah cara membuat partisi nya, berikut cara-cara nya:

NOTE: Sebelum anda gunakan cara ini harap backup dahulu seluruh data-data anda, dan penggunaan tools di bawah ini merupakan resiko anda sendiri karena di khawatirkan software tersebut justru malah merusak flashdisk anda.

Langkah untuk membuat partisi dalam flashdisk adalah:

I. Membalik RMB Flashdisk

1. Kita unduh terlebih dahulu download BootIt tool lalu kemudian kita extract, kemudian pasang USB Flashdisk kita di komputer lalu mulai jalankan BootIt.exe dan setelah itu kita klik “Flip Removable Bit” dan untuk lebih jelasnya silahkan lakukan seperti pada gambar di bawah ini.




2. Lepaskan flashdisk dari komputer, lalu pasang kembali. Pada langkah ini maka flashdisk kita akan terdeteksi oleh windows menjadi Fixed Disk (flashdisk kita bukan removable disk lagi). kita bisa melakukan pengecekan dengan cara kita lakukan klik kanan di Flashdisk kita lalu cek di Device Properties.

II. Membuat partisi dalam Windows

Cara ini mengharuskan kita sudah menyelesaikan langkah di atas.

1. Klik “Start” lalu pilih “Run”, kemudian kita ketikan diskmgmt.msc dan tekan enter.

2. Di tampilan Disk Management, kita lakukan klik kanan pada posisi Flashdisk kita lalu kita klik Delete Partition, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.




3. Lakukan Klik kanan pada USB Flashdisk kita lalu kemudian kita pilih New Partition, lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut.




5. Silahkan lakukan urutan langkah-langkah pada New Partition Wizard lalu kemudian kita bikin “Primary Partition”. Ketika kita ada di bagian pilihan “Partition Size”, Silahkan berikan nilai yang HARUS “kurang dari” dari kapasitas maksimum USB flashdisk kita supaya dapat membuat sisa ruangan untuk partisi selanjutnya. (LEBIH jelasnya silahkan ikuti gambar berikut)





5. Pada langkah ke lima ini kita kita tinggal Lanjutkan Wizard, dan juga memberikan Pilihan nama dan kemudian melakukan format partisi. untuk rekomendasi silahkan gunakan yang FAT32.

6. Sesudah membuat partisi yang pertama, kita bisa melakukan penambahan partisi dengan cara mengulangi langkah yang ada di nomor 3 sampai ke nomor 5.





Selesai!

Reaksi:

0 komentar: